Welcome to maspii's blog
Reading opens a whole new world!



visit maspii.co.cc now!!
Selasa, 31 Mei 2011

0 Pedoman Aksesibilitas Konten WEB

Nah dalam membuat halaman web, terdapat beberapa rekomendasi agar konten web yang lebih mudah diakses. Dengan mengikuti rekomendasi ini web akan bisa diterima oleh segala kalangan dan yang penting content accessible to a wider range (alias konten diakses lebih luas..hahay.. sok keminggris ya..), intinya webpage akan dapat diakses oleh orang yang mempunyai berbagai kekurangan fisik sekalipun, misalnya penyandang cacat (gangguan pendengaran, gangguan pembicaraan, gangguan yang lainnya).  

Rekomendasi yang harus dimiliki webpage yang bagus adalah:

1. Mudah Dipahami dengan Jelas (Perceivable)

2. Mudah Dioperasikan (Operable)

3. Mudah Dimengerti (Understandable)

4. Kuat (Robust)

Hnah..!! dari ke-empat rekomendasi itu bisa kita usahakan dengan cara yang begini nee..
1. Mudah Dipahami dengan Jelas (Perceivable)
Konsentrasi pada point ini sesuai kebutuhan, akses cepat, dan sesuai sasaran. Konsentrasi ini dapat kita maksimalkan dengan cara:
  • (1.1) Memberikan alternatif teks-teks untuk setiap konten yang tidak sehingga dapat diubah menjadi bentuk orang lain butuhkan, seperti cetak besar, braille, pidato, simbol atau bahasa sederhana.(1.2) Menyediakan alternatif untuk media berbasis waktu.(1.3) Buat konten yang dapat disajikan dalam cara yang berbeda (untuk layout sederhana misalnya) tanpa kehilangan informasi atau struktur. (1.4) Membuat lebih mudah bagi pengguna untuk melihat dan mendengar konten termasuk memisahkan foreground dari latar belakang. 
2.Mudah dioperasikan (operable)
  • (2.1) Membuat semua fungsi yang tersedia dari keyboard.(2.2) Menyediakan pengguna cukup waktu untuk membaca dan menggunakan konten.(2.3) Jangan desain konten dengan cara yang diketahui menyebabkan kejang.(2.4) Memberikan cara-cara untuk membantu pengguna navigasi, menemukan konten, dan menentukan di mana mereka berada.
3.Mudah dimengerti (Understandable)
  • (3.1) Buatlah konten teks yang dapat dibaca dan dimengerti.(3.2) Membuat halaman Web muncul dan beroperasi dengan cara ditebak.(3.3) Membantu pengguna menghindari dan memperbaiki kesalahan.
4.Kuat (Robust)
  • (4.1) Memaksimalkan kompatibilitas dengan masa depan agen pengguna dan saat ini, termasuk teknologi bantu.


BACA JUGA!!


0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Postingan Lama


SELAMAT DATANG!!
DI BLOG MASPII
[X]
goto top